Perlukah Kita Travelling?

53536689 - couple in love riding a motorbike

Perlukah Kita Travelling?

” wow bagus banget ” , ” duh pingin banget kesana ” , sebagian kata – kata yang terucap ketika kita melihat foto – foto travelling dari sahabat – sahabat kita di medsos yang seketika membangkitkan keinginan kita untuk berliburan barang untuk sejenak atau beberapa waktu. Tidak dipungkiri satu dekade kebelakang ini adalah masa – masa keemasan medsos , baik itu Facebook , Instagram , Twitter , atau yang lainnya. Sehingga tidak dapat kita hindari dari yang namanya ngeshare foto – foto waktu liburan ke medsos kita , di sisi lain menimbulkan keinginan dari teman – teman kita lainnya untuk pergi ke tempat yang sama dari apa yang kita share. Wajar kah? hehe..

44024936 - happy women girlfriends taking a selfie in ferris wheel

Sebagian dari kita yang memang berkocek tebal mungkin tidak masalah untuk menentukan destinasi liburan kita , bahkan beberapa dari kita bisa travelling berkali – kali , tapi untuk teman – teman kita yang pas – pas an kondisi ekonominya mungkin harus kerja banting tulang hingga sangat mengirit dalam pengeluran sehari – hari demi bisa travelling , pertanyaannya adalah ” Perlukah Kita Travelling?”

Jawabannya antara Ya atau Tidak! Waduh makin bingung dong ya?hehe.. Yuk kita kupas lebih lanjut.

1.Realistis

48593131 - prambanan temple near yogyakarta on java island, indonesia

Candi Prambanan , DIY

Hal pertama sebelum kita memutuskan travelling , kita harus berpikir realistis. Sudah cukupkah tabungan kita sehingga kita menggunakannya untuk travelling? Jikalau memang belum mencukupi hendaklah kita realistis dan jujur dengan keadaan sendiri , jikalau kita ingin travelling ke luar negeri tapi budget belum mencukupi mungkin kita bisa ubah destinasi ke dalam negeri saja , jikalau budget destinasi ke dalam negeri juga masih tidak memungkinkan maka kita bisa berkunjung ke obyek wisata yang dekat dengan tempat tinggal kita , inti dari travelling sebenarnya bukanlah tentang obyek wisata , atau foto – foto yang bagus , tapi lebih tentang arti perjalanan kita , banyak hal yang bisa kita pelajari dari sebuah perjalanan travelling , baik itu perjalanan yang jauh maupun yang dekat!

2.Refreshing

46415072_l.jpg

Taukah anda apa yang dimaksud dengan refreshing? Ya , refreshing adalah usaha untuk mengistirahatkan sejenak pikiran kita dari segala rutinitas sehari – hari. Menurut penelitian refreshing dengan melakukan travelling melihat pemandangan dan hal – hal baru dapat meningkatkan kualitas kehidupan kita dan menurunkan tingkat stress. Jadi untuk kalian yang memang mempunyai rutinitas sehari – hari padat , tekanan kerja yang besar , atau mempunyai hari – hari yang berat untuk dijalani dalam kehidupan ini , luangkanlah waktu hidupmu barang sejenak untuk refreshing , salah satunya dengan travelling! Jikalau kamu bukan tipe orang yang suka bepergian tapi ingin refreshing maka kamu bisa melakukan hobi kamu disela – sela jadwal rutin harian kamu!

3.Tanggung Jawab

7682232_xxl

Sebelum memutuskan untuk travelling , pahamilah tanggung jawab kamu terlebih dahulu. Apakah kamu mempunyai cicilan rumah , cicilan kartu kredit , cicilan kendaraan bermotor  , apakah menanggung hidup saudara /orang tua , dll..  Untuk sebaiknya dahulukanlah keperluan – keperluan diatas dibanding memaksakan diri untuk travelling , karena seperti kita tahu travelling membutuhkan biaya , perhitungkan dengan cermat biaya –  biaya yang menjadi tanggung jawab anda terlebih dahulu , jangan sampai pulang travelling kita dikejar – kejar utang , gak lucu kan guys? hehe.. Kalaupun dengan kondisi demikian kamu masih ingin travelling sebaiknya dari jauh – jauh hari cobalah untuk menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk dialokasikan sebagai biaya travelling.

4.Pekerjaan

46992272_l.jpg

Apakah pekerjaan kita mengharuskan kita untuk travelling? Jika iya , maka kita harus bersyukur , dimana banyak orang harus menabung untuk travelling , sedangkan kita dianugerahi kesempatan untuk travelling yang sangat banyak , karena travelling adalah pekerjaan kita!

5.Masa Depan

56102111_l.jpg

Mengapa kita harus berpikir tentang masa depan sebelum kita travelling? Ya , seperti yang sudah dijelaskan bagi sebagian orang untuk sekali travelling harus berhemat luar biasa dan senantiasa menabung , tetapi sudahkah kita berpikir akan masa depan kita juga? Jikalau kita seorang dengan kemampuan ekonomi pas – pas an dan kita rela menabung hingga menyisihkan uang untuk travelling , sudahkah kita berhitung untuk masa depan kita? Apakah uang yang kita keluarkan saat travelling mampu membantu kita di masa depan? Itu satu hal yang harus kamu renungkan brow and sis! Jikalau kamu memiliki kemampuan finansial yang berlebih maka mungkin no.5 ini gak berlaku buat kamu , tetapi jika sebaliknya maka hal ini harus menjadi concern kamu ya guys!

 


 

58406831_l.jpg

Kesimpulan , perlukah kita travelling?

Ya , perlu untuk kamu yang memang hidup dalam rutinitas yang padat , mencari arti hidup dan jati diri , memiliki finansial yang berlebih , serta pekerjaan yang memang mau tidak mau mengharuskan kita untuk selalu melakukan travelling.

Tidak , untuk kamu yang masih berjuang untuk menghidupi keluarga , menutup aneka cicilan kredit , memiliki tanggung jawab yang besar atas hidup orang lain , dan untuk kamu yang memiliki kondisi finansial pas – pas an

Akhir kata , semua orang saya yakin suka travelling , tapi tidak semua orang harus travelling. Bersyukurlah anda yang memiliki waktu dan kemampuan finansial yang mendukung untuk travelling. Jika anda memiliki waktu dan uang , luangkan waktu barang sejenak dari padatnya kehidupan anda untuk travelling!

Be Lost Be Wanderer!

Advertisements

Leave a Reply