Tip Berhemat Backpackeran

47356896_l.jpg

Terkadang banyak backpacker pemula yang saya dapati takut untuk bepergian ke luar negeri sendiri dengan alasan tidak ada biaya , padahal ada pepatah kuno “banyak jalan menuju simpang lima” !! Nah kali ini saya akan beritahu caranya untuk menghitung biaya se maksimum mungkin…eeh gak deng , seminimum mungkin maksudnya , wkwk..

Jadi apa saja nih yang harus di perhitungkan , buruan jelasin dong uda kebelet nih , wkwk.. let’s check it out!

1.Ongkos Transportasi

40668087_l

Jika kamu hendak bepergian seorang atau duaorang diri juga boleh , tentunya harus punya tiket pesawat dong ya.. Nah tiket pesawat ini merupakan faktor utama penyumbang krisis moneter di dompet kita , wkwk.. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga tiket , tapi saya akan bahas beberapa faktor yang utama saja yaitu bandara tujuan dan musim low season/high season.

Bandara tujuan penerbangan kita mempunyai andil dalam menentukan seberapa mahal tiket pesawat yang akan kita beli , kalau kita memilih bandara yang di kota-kota kecil ya pastinya harga tiket akan lebih mahal daripada kita mendarat dibandara-bandara di kota besar , sebagai contoh kalau kita mau ke pulau Koh Samui di Thailand dari Jakarta , penerbangan akan lebih murah kalau hanya Jakarta-Bangkok saja kemudian perjalanan di lanjut dengan jalur darat , daripada menggunakan full pesawat terbang menuju Koh Samui karena harga yang dibayarkan bisa berkali-kali lipat lebih mahal!

Jadi buatlah itineary yang jelas sebelum berangkat berwisata , buat rute yang akan kita lalui , kemudian carilah informasinya sebanyak mungkin tentang moda transportasi apa saja yang tersedia yang terjangkau.

43015349_l.jpg

Setelah tiba dinegara tujuan , gunakan pula transportasi umum untuk menghemat biaya , kalau saya pribadi tergantung situasi dan kondisi jika kita tiba dinegara tujuan sudah larut malam , ya mau gak mau pakai transportas seperti taxi , lebih mahal memang tapi sedikit lebih aman dan kita bisa langsung sampai di hotel untuk beristirahat. Maka dari itu usahakan pilih jadual penerbangan yang kira – kira sampai masih pagi / siang jadi kita bisa lebih leluasa untuk menekan biaya tranportasi disana.

Untuk beberapa negara tujuan wisata biasanya mereka menyediakan layanan kartu pass bagi para traveller untuk menghemat biaya berkeliling kota dalam beberapa hari , seperti contoh di Singapore , di Singapore kalian bisa beli kartu pass mrt untuk beberapa hari dengan hitungan biaya lebih murah daripada kalian beli per keberangkatan. Jadi cari tau informasi public di negara tujuan sebelum berangkat.

Oh ya saya punya satu tips yang cukup ampuh untuk menekan budget transportasi antar kota selama backpackeran , usahakan rute yang akan anda tempuh itu hanya searah jadi tidak bolak balik , sebagai contoh kalau kita mau ke Hanoi dan Ho Chi Minh di Vietnam , kita bisa mengambil penerbangan JKT – Hanoi , untuk kemudian Hanoi – Ho Chi Minh , trus baliknya Ho Chi Minh – JKT , karena Hanoi dan Ho Chi Minh itu letaknya sangat jauh di utara dan selatan , jangan sampai kita ambil rute JKT – Ho Chi Minh , Ho Chi Minh – Hanoi , trus baliknya dari Ho Chi Minh lagi , kalau seperti itu kita uda kena getok tiket 2x pp Ho Chi Minh – Hanoi!! Mudeng kan? Eh paham kan maksudnya?

Jadi sebelum berangkat buat itineary yang jelas ya!

2.Akomodasi

67692424_l.jpg

Soal akomodasi gak kalah penting lo guys! Kamu bisa pilih jenis dormitory / bunk bed untuk menghemat biaya penginapan. Jenis dormitory ini biasanya diisi sekitar 4 – 20 orang dalam satu kamar , tergantung dari penginapannya masing – masing. Umumnya sih kisaran 4 – 12 orang. Diatas jenis dormitory kalian juga bisa memilih jenis double room baik itu model double bed (1 ranjang besar) atau jenis twin bed (2 ranjang kecil).

Tips dari saya , rajin – rajin lah browsing hotel sebelum pergi , atau booking lah jauh – jauh hari , kamu bisa pakai aplikasi booking.com untuk banyak pilihan kamar dan fasilitas cancel booking pada beberapa hotel. Tips untuk menghemat akomodasi lainnya yakni jangan lupa untuk membandingkan harga jenis dormitory karena sering saya jumpai harga 2 bed pada dormitory jatuhnya lebih mahal daripada 1 double room pada hotel lain , jadi jangan sungkan untuk membandingkan harga ya guys!

3.Biaya Makan

45819277_l

Nah soal biaya makan sebenarnya kembali pada kebutuhan dan selera masing – masing , sebagai gambaran saja biaya makan di negara – negara Asia berkisar antara Rp.20.000 – Rp.100.000 per porsi per orang , jadi sebenarnya gak jauh berbeda dari Indonesia. Beda lagi dengan negara – negara maju , biaya makan di negara – negara ini cukup menguras kantong guys , di jepang untuk rata – rata restaurant biaya sekali makan bisa Rp.100.000 – Rp.250.000 ( umumnya) , di Eropa dan Amerika biaya makan antara Rp.200.000 – Rp.300.000 per sekali makan , waow cukup menguras kantong ya , tapi jangan berkecil hati dulu , biaya makan bisa kita tekan dengan kita membawa beberapa jenis lauk sendiri seperti abon atau dendeng , nah nanti kita tinggal cari nasi putih aja , beberapa backpacker extreme memang kadang – kadang sampai bawa rice cooker sendiri sih!

Tips lainnya untuk berhemat biaya makan , hindari tempat makan didaerah turis / keramaian , carilah tempat – tempat dimana banyak orang lokal makan , karena biasanya harga yang disediakan pun jauh berbeda dengan tempat makan yang dikhususkan untuk turis , cuma sayangnya di tempat -tempat yang jauh dari keramaian turis biasanya kita akan sedikit kesulitan memesan makanan dikarenakan tidak ada menu berbahasa inggris atau sang pelayan pun tidak dapat berbahasa inggris , walhasil gunakanlah bahasa tarzan yang baik dan benar!

4.Oleh Oleh

32949108_l.jpg

Nah ini nih salah satu faktor yang suka ketika kita sudah balik dirumah kita itung itung biaya perjalanan kok jadi boros yaaaa.. Ya salah satunya ya ini,wkwk… Terkadang kita mungkin bisa untuk menghemat makan , transport , dan akomodasi , akan tetapi ketika kita sudah masuk ke tempat souvenir atau shopping terkadang seringnya kita lepas kontrol karena banyak yang berpikir kapan lagi bisa beli , atau belum pasti besok – besok kesini lagi , alhasil abislah dompet kau kakak!

Belilah dan bawalah secukupnya saja , tidak perlu berlebihan , selalu percayalah kalau kita pasti ada kesempatan kedua untuk datang ke tempat tersebut. Kalau kamu betul – betul tipe backpacker biasanya kamu tau betul bagaimana untuk memanfaatkan tas backpack kamu , alasan paling klise ke teman – teman ” maaf nih saya gak beli apa – apa , soalnya maklum ya saya backpackeran tasnya backpack kecil jadi uda penuh , voila jadilah suatu rancangan kejahatan akan menghemat banyak biaya , wkwkwk…

55632286_l.jpg

Nah mungkin itu saja tips tentang berhemat biaya backpackeran , satu tips lagi mungkin kalian bisa juga mempertimbangkan membawa kartu kredit ke luar negeri , selain memberikan rasa aman juga kartu kredit bisa menjadi penyelamat kita ketika ada suatu kejadian tak terduga di luar negeri , jadi persiapkan rute perjalanan sebaik – baiknya untuk menghemat biaya backpackeran kita. Jika ada yang mau menambahkan info , silahkan bisa komen dibawah ini!

Be Lost Be Wanderer!

Advertisements

Leave a Reply