Tips Backpackeran Ke Luar Negeri Pertama Kali

514

Halo guys , jadi kali ini saya mau berbagi tips buat yang mau bacpackeran ke luar negeri untuk pertama kalinya. Mungkin bagi yang sudah pernah atau sudah biasa travelling ke luar negeri tidak menakutkan , tapi bagi para first timer ya sangat menakutkan , nah saya mau berikan beberapa tips tentang apa saja yang harus disiapkan. Yuk langsung aja let’s check it out!

1.Paspor

32310821_m

Yaa…paspor merupakan salah satu hal yang terpenting harus disiapkan  , karena gak mungkin kan ke bandara trus malah nunjukin surat tamat SD! Oh ya , untuk paspor sendiri ada peraturan internasional yakni masa berlaku paspor dapat digunakan dari hari pertama jadi sampai hingga maximal minimum 6 bulan (untuk amannya) beberapa negara ada yang masih menolerir hingga 3 bulan , jadi sebelum pergi cari dahulu informasi ke negara tujuan tentang masa berlaku paspornya ya!

Oh ya , biasakan selalu menyimpan paspor dengan aman ketika travelling di negara tujuan , kalau bisa selalu dibawa dan disimpan ditempat yang aman , pokoknya paspor ini seperti si “dia” dalam kehidupan kamu , gak boleh sampai hilang!

2.Visa

25130291 - schengen visa in passport macro

Lo kok visa , katanya ke Singapore bebas visa? Iya memang kalo cuma ke Singapore doang sih bebas visa , kebijakan bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia berlaku di semua negara Asia Tenggara , dan beberapa negara lainnya di afrika dan amerika latin , negara didunia ini yang membebaskan visa untuk paspor Indonesia hanya berjumlah kurang lebih sekitar 57 negara , sisanya ya bikin visa dulu lah yaw! Jadi pastikan negara mana yang hendak anda kunjungi , dan cari tau apakah negara tersebut memberlakukan bebas visa untuk turis Indonesia , ok ok ok?

3.Tiket Pesawat

20048777_l.jpg

Nah yang satu ini juga gak boleh kelupaan guys , gak lucu kan kalau sudah sampai bandara malah nyodorinnya tiket kereta , wkwkwk. Pastikan tanggal tiket tertera sudah betul dengan rencana keberangkatan kita. Untuk yang melakukan pembelian tiket pesawat secara online , kita bisa check in dengan menunjukan kode booking pembelian tiket pesawat melalui hp , atau untuk lebih amannya mungkin bisa di print sebelum berangkat supaya lebih afdol! Setelah check in maka kita akan mendapatkan tiket boarding pass , simpan baik-baik jangan sampai hilang!

4.Penginapan

58096615_l.jpg

Untuk soal penginapan terkadang ada beberapa backpacker yang saya tahu itu seperti “koboi” , yakni bermodalkan nekat untuk mencari di negara tujuan secara langsung. Saran saya janganlah ditiru kelakuan backpackeran nekat seperti ini , karena lebih banyak mudharatnya dibandingkan manfaatnya , wkwk..

Untuk lebih amannya pastikan kamu sudah booking penginapan terlebih dahulu jauh-jauh hari selain bisa memilih penginapan yang murah , kita juga bisa cari tahu tentang lokasi dan transportasi untuk menuju ke hotel yang kita pilih. Gak kebayangkan kalau harus keluar masuk hotel cuma untuk bertanya apakah ada kamar yang kosong , nanti kena getok harga baru tau rasa!

Satu lagi yang terpenting soal penginapan , terkadang ada beberapa petugas imigrasi di negara tujuan yang bertanya apakah kita punya jadual rencana perjalanan atau sudah booking hotel dimana , jika belum kita bisa dicurigai sebagai calon imigran gelap atau lebih parahnya lagi bisa-bisa dipulangkan paksa nanti! Biasanya ini terjadi di counter imigrasi negara-negara maju seperti Amerika , Eropa , atau bahkan di Singapore!

5.Uang Saku

7682232_xxl

Soal uang saku terkadang banyak backpacker yang berpikir gak perlu bawa banyak-banyak toh cuma backpacker , atau ntar gampang lah bisa minta belas kasihan orang-orang disana , eits jangan sampai kamu terbujuk rayuan sesat seperti ini kalau tidak mau jadi gembel di negara orang , wkwkwk..Memang kita gak perlu bawa uang saku banyak-banyak tapi juga tidak disarankan membawa seminim mungkin , yang paling tepat adalah bawalah sesuai dengan kira-kira kebutuhan kita ( untuk lebih jelasnya nanti akan saya buatkan artikel khusus tentang uang saku).

6.Tas & Perlengkapan Backpacker

65397334_l.jpg

Soal tas dan perlengkapan yang harus dibawa terkadang jadi polemik sendiri untuk para pemula. Terkadang ada yang bingung , saking bingungnya sampai gak bawa apa-apa! Yang lainnya saking bingungnya sampai satu lemari dibawa , oh no! Jadi gimana dong yang bener? Yang paling bener yaitu bawalah sesuai kebutuhan kita , sesuaikan dengan berapa lama kita di negara tujuan , dan jangan lupa cari tahu dulu tentang informasi cuaca di negara yang akan kita datangi , gak lucu kan kalo kamu sampai disana cuma pakai kaos singlet padahal lagi musim dingin , brrrrr!

Jika kamu bepergian dengan menggunakan backpack supaya bener-bener seperti bacpacker , saya kasih tips jitu untuk kira-kira seberapa banyak yang bisa kita bawa didalam tas backpack kita.

  • Untuk kelas minimalis : bisa bawa barang maksimal 5-10% dari berat tubuh kita.
  • Untuk kelas berat : mungkin bisa dicoba dikisaran 10-15% dari berat tubuh kita

Mungkin ada yang berkata ngapain dihitungin kaya gitu , eits jangan salah tentunya kamu gak mau kan pulang backpackeran malah encokan atau sakit punggung. Berdasarkan pengalaman pribadi dan cerita dari backpacker lain dan juga saya sudah melakukan sedikit riset kecil-kecilan soal ini , berat 10% merupakan berat yang paling proposional untuk menggendong sebuah tas , jadi jika kamu berat badannya cuma 50 kg ya jangan gendong tas berat 10kg , ntar malah pingsan duluan!

7.Itineary Perjalanan

28227483_l.jpg

Bikinlah Itineary Perjalanan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat jangan lupa cari info sebanyak mungkin tentang tempat tujuan wisata kamu nanti , dan buatlah itineary / jadual perjalanan tujuannya supaya teratur dan pengalaman wisata kamu bisa lebih maksimal , dan seperti yang sudah disebutkan diatas terkadang itineary perjalanan ke suatu negara dibutuhkan saat anda membuat permohonan visa ke beberapa negara yang maju , sehingga pihak kedutaan betul-betul tahu bahwa anda berniat untuk wisata , bukan untuk menjadi imigran gelap!

8.Bahasa

28387724_l.jpg

Nah kendala bahasa biasanya menjadi momok menakutkan buat para calon backpacker / traveller newbie. Alangkah lebih baiknya jika kita menguasai sedikit bahasa lokal ditempat tujuan wisata kita atau setidaknya memiliki sedikit kemampuan bahasa Inggris akan sangat membantu , meskipun dengan terpatah-patah contohnya seperti saya , wkwkw.. Beberapa backpacker terkadang cukup nekad tidak mampu berbahasa lokal atau bahasa Inggris sedikitpun , alhasil menggunakan bahasa purba yakni bahasa Tarzan!!! Saran saya pelajarilah sedikit bahasa inggris secara lisan , dan jangan lupa bawa selalu smartphone anda , beli sim card lokal untuk bisa terkoneksi dengan internet dan gunakan google translate. Google Translate akan jadi penyelamat anda di tempat tujuan!!

9.Tips Lainnya

25459061_l.jpg

 

Ingatlah bahwa musim liburan disemua negara didunia ini (khususnya negara-negara tujuan wisata yang populer) menggunakan sistim Low Season dan High Season. Low season adalah waktu dimana tempat wisata yang kita datangi minim turis , sedangkan high season adalah waktu dimana tempat wisata bakal penuh turis , sehingga hukum permintaan berlaku disini , low season adalah waktu yang tepat untuk para backpacker kenapa? Ya karena sangat berpengaruh dalam pembelian tiket pesawat , hotel , serta beberapa biaya transportasi dan wisata di negara tujuan.

Tiap negara biasanya mempunyai musih high season dan low season yang berbeda-beda , sebagai contoh high season di Indonesia biasanya berlangsung pada bulan-bulan juni-agustus , di Thailand pun sama , sedangkan di Vietnam musim high season biasanya berlangsung bulan agustus-september , di China musim high season berlangsung pada bulan september-oktober , begitu seterusnya. Jadi sangat penting sebelum kita berpergian untuk mengetahui kapan low dan high season tempat tujuan kita.

Nah itu beberapa tips bagi kamu yang mau mulai backpackeran ke luar negeri  , khususnya , siapkan diri sebaik mungkin sebelum berangkat , bawalah peralatan dan bekal secukupnya , jikalau memang perlu sediakan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Okay , itu aja tips dari saya , jika ada yang mau menambahkan informasi atau bertanya silahkan komen dibawah , i’ll appreciate it guys!

Be Lost Be Wanderer!

 

Advertisements

Leave a Reply