Jalan-Jalan Ke Vietnam?Kenapa Gak!

147-4

Mendengar kata Vietnam mungkin kita akan sedikit ragu,”ada apaan sih disana bro?”,orang aku aja pas pertama mau kesana juga sebenernya bingung wkwk..Berhubung kemaren2 udah kesana,jadi gini deh biar aku jelasin ya mas bro dan mbak sis.

Vietnam itu sebenernya punya banyak destinasi wisata yang menarik lho,mulai dari Teluk Halong Bay yang terkenal itu,peninggalan2 perang Vietnam,bangunan2 bergaya kolonialis Perancis,hamparan sawah di Sapa,kota kuno Hoi An,Cu Chi Tunnel,sampai pasar Cho Ben Thanh.Mulai dari aktifitas dayung-mendayung,kegulung ombak,hingga shopping sampai pingsan juga bisa!wkwk..

Jadi ini aku kasih highlight tentang Vietnam,sekilas info gituu…hehe

1.Perang Vietnam

Yap,sebagai negara yang pernah mengalami perang saudara antara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan dan baru berakhir di tahun 1975 *jadi masih anget nih*,Vietnam punya banyak banget nih destinasi wisata bertema kan sisa-sisa peperangan.

  • Cu Chi Tunnels : Ini salah satu obyek wisata yang kamu wajib mampir ya guys kalo ke Ho Chi Minh,biar kalian bisa tau rasanya masuk ke lubang tikus,eh lubang para gerilyawan Vietcong yang sempit,dan hebatnya hingga menyerupai labirin-labirin didalam tanah,alamak!
  • Vietnam Military History Museum : Salah satu museum yang wajib di kunjungin kalo kamu ke Hanoi,berisikan aneka peninggalan sejarah perang Vietnam,dari senjata,pesawat,hingga peluncur roket!

This slideshow requires JavaScript.

2.Sejarah

Vietnam punya banyak hal yang berkaitan dengan sejarah di masa lampau,semuanya terekam jelas dalam museum-museum yang ada atau jejak-jejak yang tersisa dari aneka bangunan bersejarah yang tersebar di seluruh Vietnam

  • Imperial Citadel Of Thang Long : Nah ini nih salah satu bangunan yang terkenal di Hanoi,merupakan pusat pemerintahan Vietnam di waktu yang lampau selama beberapa dinasti,konon beberapa bagian bangunan sudah ada sejak abad 13!
  • Vietnam National History Museum : Kalau kalian mau liat sejarah bangsa Vietnam,disini nih tempatnya,dari jaman sebelum masehi hingga modern,ada semua disini,museum ini terletak di Hanoi loh ya.
  • Museum Of Vietnamese History : Kalo museum yang satu ini terletak di Ho Chi Minh,isi museumnya sih hampir-hampir mirip dengan yang di Hanoi,cuma museum ini terletak satu komplek dengan Saigon Zoo & Botanical Garden,jadi abis keliling-keliling museum,bisa langsung mengunjungi sahabat kamu di Saigon Zoo,wkwkwk..

This slideshow requires JavaScript.

3.Arsitektur

Salah satu tujuan utama ke Vietnam adalah melihat bagaimana indahnya karya arsitektur tempoe doeloe era kolonialis,kalau di Indonesia kebanyakan bangunan bersejarah bercirikan arsitektur Belanda/Portugis,sedangkan di Vietnam itu bercirikan Perancis,dan beberapa lainnya merupakan perpaduan arsitektur Vietnam-Perancis,keren!

  • Notre Dame Cathedral : Katedral ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Ho Chi Minh,berseberangan langsung dengan Saigon Central Post Office yang sama terkenalnya,dua bangunan ini salah satu tujuan selfie di Ho Chi Minh,hoho..
  • Saigon Central Post Office : Kantor pos era kolonialis ini punya arsitektur yang keren ya,apalagi bagian dalemnya,bagus banget,dan yang lebih kerennya lagi kantor pos ini masih digunakan secara umum untuk sekedar berkirim kartu pos.
  • St.Joseph Cathedral : Katedral yang terletak di Hanoi Old Quarter ini dibangun pada tahun 1886,dan salah satu katedral tertua di Hanoi.
  • Ho Chi Minh City Hall : Bangunan ini salah satu simbol arsitektur Perancis di kota Ho Chi Minh,meskipun tidak dibuka untuk publik tapi kamu masi bisa kok foto-foto atau sekedar selfie,wkwk

This slideshow requires JavaScript.

4.Pemandangan Alam & Budaya

Vietnam juga terkenal akan keindahan alamnya lo guys!Pemandangan kontur sawah-sawah yang indah di Sa Pa atau keindahan teluk Halong Bay yang sudah melegenda wajib kamu kunjungi ketika berada di Vietnam.Di Vietnam juga banyak banget kuil,danau (terutama di kota Hanoi),dan masih ada beberapa tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi,waoow..

  • Halong Bay : Teluk Halong Bay ini adalah salah satu destinasi utama di Vietnam Utara,bahkan merupakan simbol pariwisata Vietnam.Keindahan Halong Bay ini sudah melegenda hingga ke mancanegara,aktifitas utama di Halong Bay ini yaitu wisata menggunakan kapal keliling teluk Halong.Kerennya lagi Halong Bay ini sudah termasuk sebagai salah satu situs warisan UNESCO lo guys,jadi kalo ke Vietnam musti mampir kesini yakk!
  • Dong Thien Cung : Gua Thien Cung ini terletak diwilayah teluk Halong,merupakan salah satu destinasi wisata yang dikunjungi oleh para turis,berisikan stalaktik dan stalagmit yang dihiasi oleh bermacam-macam cahaya sehingga menarik untuk dikunjungi.
  • Sa Pa Highland : Dataran tinggi Sa Pa ini terletak di daerah Lao Cai di Vietnam Utara,sekitar 5 jam perjalanan dari kota Hanoi,termasuk salah satu daerah wisata favorit,menyuguhkan pemandangan hamparan sawah di ketinggian tentunya memberikan suasana alam pedesaan yang menajubkan di Vietnam.
  • Hoan Kiem Lake : Hanoi terkenal dengan banyak danau cantik,salah satu yang paling terkenal adalah Hoan Kiem Lake,danau Hoan Kiem ini terletak di pusat kota,di sekitar Old Quarter Hanoi.Dikelilingi pepohonan rindang,Hoan Kiem Lake sangat cocok untuk bersantai ketika berwisata di Hanoi.
  • Ngoc Son Temple : Sebuah kuil tua yang terletak ditengah danau Hoan Kiem,dan uniknya disini ada specimen seekor kura-kura tua yang diyakini merupakan penunggu danau Hoan Kiem

This slideshow requires JavaScript.

5.Shopping

Yakkk,saya yakin shopping adalah kata-kata penting yang selalu ditunggu para traveler asal Indonesia,hehe…Meskipun tempat shopping di Vietnam tidak seheboh Thailand atau Singapore,tapi jangan kuatir tetap masih bisa memanjakan kamu kok guys,dan yang penting tawar dulu sebelum membeli!

  • Cho Dong Xuan : Salah satu pusat shopping oleh-oleh di kota Hanoi,pasar ini berada disebelah utara danau Hoan Kiem,sebenarnya pasarnya sih biasa saja,tidak terlalu besar,tapi nih kalau weekend ada pasar malam dijalanan sekitar pasar Dong Xuan,jadi jangan lupa kalau ke Hanoi mampir kesini yaa..
  • Cho Ben Thanh : Nah ini nih salah satu rujukan para turis untuk shopping dan berbelanja oleh-oleh di Ho Chi Minh,bahkan merupakan salah satu yang terbesar di Vietnam,di Cho Ben Thanh ini terdapat bermacam-macam barang oleh-oleh,kebanyakan didominasi oleh penjual pakaian dan kopi Vietnam.

This slideshow requires JavaScript.

Sebenarnya selain yang sudah disebutkan diatas,masih banyak tempat lagi yang patut dikunjungi ketika kita berada di Vietnam,jadi jangan ragu untuk berkunjung ke Vietnam ya guys!

VIETNAM TRAVEL HIGHLIGHTS

  1. Mata uang Vietnam bernama Vietnam Dong (VND),nilainya sekitar 1.7x lebih rendah dari rupiah,jadi Rp.10.000 sama dengan sekitar 17.000 VND,kalo kamu masih penasaran saya kasih tau ya,makanan khas Vietnam yakni Pho,banyak dijual dipinggir jalan dengan harga sekitar 15.000 VND saja!
  2. Banyak orang bilang orang Vietnam kasar/tidak ramah,tapi pengalaman pribadi saya ketika berkunjung ke Vietnam,orang Vietnam ramah-ramah guys,saya bahkan ditolong seorang ibu-ibu disana ketika diturunkan ditempat yang salah oleh taxi 😀
  3. Beberapa orang mengingatkan akan tingginya tingkat penjambretan/bag snatcher,tetapi selama disana saya tidak melihat/menyaksikan adanya penjambretan,sepertinya pelaku kriminal lebih mengincar korban dengan perawakan asing seperti bule dibanding turis Asia lainnya,tetap saja harus hati-hati ya guys!
  4. Kesemrawutan lalu lintas disana bukan isapan jempol ya,untuk kamu yang hendak sewa motor/scooter harap dipikirkan kembali,selama berada disana saya ketemu beberapa turis yang mengalami kecelakaan menggunakan motor,jadi kalau gak profesional banget,urungkan niat anda naik motor di Vietnam!
  5. Biaya day tour dari kota Hanoi ke Halong Bay,berkisar sekitar 35-50USD/orang untuk sekitar 12 jam trip,biasanya sudah dapat lunch,tiket masuk area Halong Bay,yang paling penting nih pastikan kepada penjual tournya untuk minta kapalnya yang bagus ya dan yang tidak penuh penumpangnya!
  6. Musim high season turis di Vietnam berlangsung sekitar bulan Agustus-Oktober,jadi harga-harga paket tour/penginapan biasanya lebih tinggi dari hari biasa.
  7. Nah,biasakan untuk menawar barang ya sebelum membeli,biasanya sih para pedagang di Vietnam agak sadis kalau ada orang asing menanyakan harga,buat patokan supaya aman,tawarlah sekitar 50% dari harga yang ditawarkan,ini berlaku di pusat pusat keramaian turis ya!

Jadi kurang lebih seperti itu kondisi di Vietnam sana,jika kamu ada pengalaman/pertanyaan seputar traveling di Vietnam bisa comment dibawah ya guys,Happy Travel!

Advertisements

Leave a Reply